Pacitan, KIBLATINFORMASI.com

Kemajuan Tekhnologi Informasi harus dimanfaatkan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat sehingga memaksimalkan kinerja untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji usai melakukan penandatanganan kerja sama dengan PLN Icon Plus, anak perusahaan PLN yang focus dalam pelayanan digital dan koneksivitas di Ruang Kerja Bupati, Jum’at (08/03/2023).

“Saya ingin ada tools dan dashboard disini untuk melakukan pemantauan atas kebijakan melalui pelayanan masyarakat secara digital. Selain itu, koneksivitas diseluruh daerah di Kabupaten Pacitan bisa memadai dengan jaringan yang akan dibangun,” ucap Mas Aji, panggilan akrabnya.

Bupati Pacitan berharap dengan kerja sama yang dilakukan dengan PLN Icon Plus hari ini bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Jika hal itu bisa dilakukan, maka akselerasi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat Pacitan akan bisa terwujud.” Pungkas Mas Aji.
Sementara Senior Manager PLN Icon Plus Jawa Timur, Rory Aditya menjelaskan bahwa pihaknya intens dalam membangun infrastruktur jaringan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.

“Hari ini ada kesempatan di Kabupaten Pacitan untuk memberikan support dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yaitu menyediakan aplikasi untuk melayani kebutuhan digitalisasi,”terang Rory.

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya menyatakan kesiapan dalam membangun Infrastruktur Tekhnologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Pacitan.

“Melalui aplikasi untuk mewujudkan Smart Village dan Smart City serta membangun jaringan koneksivitas di Kabupaten Pacitan. Sesuai dengan permintaan Pak Bupati, Aplikasi Digital ini merupakan bentuk perwujudan dari kebijakan yang diimplementasikan dalam melayani masyarakat, sehingga Beliau (Bupati) bisa langsung memantau, mengevaluasi dan akhirnya memutuskan kebijakan secara cepat,”lanjutnya.

Targetnya, kata Rory, Bupati Pacitan menginginkan semua segera terwujud.

“Maksimal di bulan September atau Oktober tahun ini bisa terwujud semua,”tandasnya.

Terkait jaringan internet di desa, Rory menyampaikan bahwa sebagai Sub Holding PLN yang memiliki tiang listrik dimana-mana, pihaknya bisa menyediakan jaringan internet diwilayah pelosok sekalipun.

“Dengan infrastruktur yang ada, kami bisa mensupport (jaringan internet) ditempat yang isolated sekalipun.” Tutup Rory Aditya. 

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi berharap agar kerja sama dengan berbagai pihak bisa memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat.

"Kami ingin tekhnologi Informasi dan Komunikasi yang menjadi fokus pelayanan kami bisa memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat," Ucapnya. (red)